• jobs in sales , sales jobs
  • Terbaru

  • Pilih Topik

Atasi Demam Panggung Anda..!

Berbicara dan tampil di depan publik bukanlah perkara mudah. Banyak yang mendadak terserang panas dingin, grogi, dan gemetar saat ingin melakukannya. Masalah-masalah yang kerap muncul saat berhadapan dengan publik ini biasa disebut ‘demam panggung’. Bahkan pada beberapa orang yang telah pengalaman pun, tampil dan bicara di depan publik masih menjadi peristiwa yang mengerikan.

Padahal, hal ini merupakan masalah penting dan para bos menganggap bahwa komunikasi yang baik di hadapan publik, meskipun dalam jumlah kecil, merupakan skill bisnis yang paling mendasar. Clifford Abramson seorang pelatih percakapan di New York mengungkapkan, “Kunci untuk mengatasi demam panggung adalah dengan melakukan aktivitas fisik sesaat sebelum Anda berbicara di depan umum”.

Clifford menambahkan, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jalan cepat ataupun jogging di tempat. Jika Anda kesulitan mencuri waktu untuk melakukan latihan darurat, cobalah melepaskan rasa nervous Anda dengan mengepalkan tangan atau meremas tumpukan kertas yang tidak terpakai. Cara-cara ini meskipun agak kekanakan tetapi terbukti bisa mengurangi perasaan nervous dan melancarkan aliran darah Anda. Menjelang saat tampil tiba, jangan lupa tersenyum. Ini akan mengurangi ketegangan dan kegelisahan Anda.

Selain cara-cara tadi, para ahli mengatakan hal yang lebih penting untuk bicara di depan publik adalah dengan melakukan persiapan yang sempurna. Persiapkan materi bahasan secara lengkap. Kemudian berlatihlah bicara di hadapan beberapa rekan Anda. “Jangan mengacuhkan latihan sebelum tampil di depan umum,” kata Clifford. Lalu bagaimana jika Anda harus bicara di depan publik dalam waktu yang mendadak? “Siapkan poin-poin penting yang harus dibicarakan, jangan panik, pelajari situasi yang akan Anda hadapi dalam waktu singkat”.

Kemudian, ketika saatnya tiba, hadapilah dengan penuh keyakinan dan rasa percaya diri yang tinggi. Sehingga Andapun siap tampil ‘di atas pentas’. Nah, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengatasi penyakit demam panggung Anda? Kalau belum, coba deh saran dari Clifford tadi. Atau Anda punya cara lain…?


(source : rileks.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: