• jobs in sales , sales jobs
  • Terbaru

  • Pilih Topik

Jalur Pengembangan Karir

Karir yang mapan adalah dambaan setiap karyawan. Nggak heran jika banyak orang yang berupaya keras untuk mencapai puncak karir. Tentu, untuk mencapainya anda tidak bisa menggunakan jalan pintas. Anda tidak bisa meraihnya seperti membalikkan telapak tangan.

Untuk mencapai karir yang diinginkan, ada cara dan jalur tersendiri yang harus anda lalui. Apalagi perusahaan-perusahaan bonafid selalu menciptakan jenjang karir yang sesuai dengan kapasitas dan kualitas karyawan itu sendiri. Dan karyawan harus melewati jalur tersebut untuk mencapai jenjang karir tertentu. Nah, sekarang coba kenali jalur-jalur pengembangan karir tersebut:

Enrichment, yaitu pengembangan dan peningkatan melalui pemberian tugas atau assignment secara khusus. Hal ini merupakan bentuk umum dari pengembangan karir.

Lateral, yaitu pengembangan karir ke arah samping. Maksudnya pekerjaan lain mungkin lebih cocok dengan ketrampilan seorang karyawan dan bisa memberikan pengalaman yang lebih luas. Jika anda merasa karir anda mentok, cobalah tantangan baru. Mungkin tantangan baru itu akan memberikan kepuasan yang lebih besar.

Vertical, pengembangan karir ke arah atas. Anda bisa mengembangkan karir ke posisi dengan tanggung jawab dan wewenang yang lebih besar di bidang keahlian khusus atau keahlian khusus yang baru.

Relocation, yaitu perpindahan secara fisik ke unit organisasi lain atau ke tempat yang dapat melengkapi kesempatan perkembangan dan peningkatan harapan karyawan, tetapi tetap pada pekerjaan dan bidang yang sama.

Exploration, yaitu pengembangan karir ke arah yang lebih luas kepada pilihan karir di dalam unit organisasi maupun di luar unit organisasi. Ini berguna untuk mencari dan mengumpulkan informasi sehingga anda dapat menjawab pertanyaan dan membuat suatu keputusan tentang potensi karir yang akan dipilih.

Realignment, yaitu pergerakan ke arah bawah yang mungkin dapat merefleksikan suatu peralihan atau pertukaran prioritas pekerjaan bagi karyawan untuk mengurangi risiko, tanggung jawab, dan stres. Cara ini dapat menempatkan posisi karyawan ke arah yang lebih tepat sekaligus memberi kesempatan atau peluang yang baru.

Proses dan pengembangan karir yang dikembangkan melalui jalur-jalur di atas merupakan perpaduan kekuatan dan kepentingan antara perusahaan dengan karyawan. Hal tersebut berdasarkan nilai-nilai kemitraan yang dapat menumbuhkan pembinaan karyawan yang berorientasi profesionalisme. Karena pengembangan karir karyawan tidak semata ke arah struktural tetapi juga mengembangkan keahlian ke arah fungsional, dengan demikian posisi fungsional mempunyai peran sebagai Equal Partner posisi struktural.
Kini anda telah tahu bukan bahwa karir adalah sesuatu yang harus diwujudkan dan terus dikejar? Jika karir anda terhambat, macet, atau mentok, upayakan untuk mengatasinya. Sehingga tidak akan mengalami stag di satu titik. Selamat melewati jalur karir….!

(source : rileks.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: