• jobs in sales , sales jobs
  • Terbaru

  • Pilih Topik

Jadi Orang “Peka” di Kantor

Apakah selama ini di kantor anda selalu ketinggalan berita..? Misalnya anda nggak tau kalau kepala divisi marketing sudah diganti. Atau anda nggak tau kalau si anu sudah mengundurkan diri atau bahkan anda nggak tau sama sekali kalau kantor anda nyaris gulung tikar..?

Banyaknya ketidaktauan anda mengenai kondisi kantor, membuat anda tampak ganjil di tengah rekan-rekan kantor anda. Kalau sedikit-sedikit anda bilang, “Kok saya nggak tau ya…?” mengesankan anda nggak ‘mudeng’ terhadap lingkungan sekitar anda. Anda yang selalu nggak tau informasi-informasi hangat di kantor, menandakan bahwa anda kurang tanggap dan kurang peka terhadap lingkungan. Anda juga sulit mendeteksi situasi di lingkungan anda.

Parahnya, anda yang bertipe seperti ini terkadang juga nggak sadar kalau bos sedang marah. Bahkan anda juga nggak sadar kalau teman anda lagi nggak ‘mood’ bicara dengan anda. Kalau anda terus menerus ‘nggak mudeng’ dengan lingkungan, bisa-bisa anda terkucil di lingkungan kerja anda. Orang lain pun jadi enggan bicara dengan anda karena banyak nggak taunya.

Nah anda nggak mau kan jadi orang yang selalu ketinggalan berita dan terkucil akibat anda nggak ‘ngeh’ terhadap lingkungan..? Jangan keburu putus asa, ada cara untuk mengatasinya kok. Caranya yaitu anda harus banyak bertanya dan minta advis pada teman yang anda percaya.
Mintalah masukan dan saran dari teman dekat anda agar anda selalu ‘tune in’ dengan lingkungan. Dengarkan semua kritik tentang kekurangan anda yang satu ini.

Menurut David J. Lieberman, penulis buku Instant Analysis, “Jangan takut mengajukan pertanyaan serius tentang apa yang terjadi di lingkungan anda. Meskipun jawabannya akan memusingkan kepala anda. Karena dengan demikian, setidaknya anda akan menyadari situasi seperti apa yang sedang anda hadapi”.

Selain itu, masih menurut David J. Lieberman, agar anda menjadi orang yang peka terhadap lingkungan, anda harus selalu siap menangkap ‘sinyal’ penting walaupun tanpa kata-kata. Misalnya jika anda sedang bicara di ruangan bos kemudian ia memundurkan kursinya ke belakang, berarti ia ingin menyudahi pembicaraan dengan anda.

Atau ketika anda masuk ke ruangan bos, ia masih tidak mengalihkan pandangannya dari tumpukan kertas di mejanya, berarti ia sedang sibuk berat dan nggak mau diganggu. Selebihnya anda harus pasang mata dan telinga lebar-lebar terhadap segala bentuk informasi yang berkembang di kantor anda. Dengarkan semua kabar, informasi, dan gosip yang berkembang di kantor. Sehingga anda nggak akan jadi orang yang selalu ketinggalan berita. Jangan lupa bina hubungan baik dengan semua rekan-rekan anda di kantor.

 (source: rileks.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: