• jobs in sales , sales jobs
  • Terbaru

  • Pilih Topik

Cermati Perangkap dalam Iklan Lowongan

Coba saja Anda baca surat kabar edisi hari Sabtu dan Minggu, Anda pasti mendapati penuhnya halaman koran dengan iklan lowongan pekerjaan. Bagi para pencari kerja, tentu tak akan melewatkan membacanya. Karena setiap iklan lowongan selalu menimbulkan harapan akan sebuah pekerjaan. Anda tertarik? Tunggu dulu! Sebelum Anda memutuskan melamar salah satu kesempatan yang ditawarkan, ada baiknya Anda cermati iklan lowongan itu dengan teliti.

Jangan sampai Anda ‘terpeleset’. Ingat, perusahaan yang beriklan selalu menampilkan citra terbaik dengan tampilan iklan yang menjual, menggunakan bahasa Inggris dan kata-kata penuh janji. Pada kenyataannya, banyak juga yang kecewa karena ternyata perusahaan yang beriklan hanya mencari tenaga sales door to door, padahal iklannya di koran tampil sangat eksklusif.

Untuk itu, Anda harus lebih hati-hati, jangan mudah tergiur oleh kata-kata iklan yang sekilas nampak ‘keren’. Berikut adalah makna di balik kata-kata dalam iklan lowongan kerja yang perlu Anda cermati:

* Great opportunity
Pekerjaan yang ditawarkan perusahaan ini biasanya penuh tantangan tetapi gajinya rendah. Mereka biasanya mengutamakan calon karyawan yang belum pengalaman agar tidak harus digaji tinggi. Jika Anda hanya ingin mengejar pengalaman kerja untuk dijadikan referensi di kemudian hari, bolehlah menjalani pekerjaan yang kategorinya seperti ini untuk sementara. Pekerjaan yang termasuk dalam kategori ini misalnya sales, interviewer perusahaan riset produk, marketing atau pialang saham.

* Varied responsibilities
Kategori ini biasanya menawarkan pekerjaan di bidang-bidang yang umum. Tetapi, pekerjaan ini justru menuntut kesigapan Anda dalam melakukan segala hal yang diberikan atasan. Selain itu, secara tak tertulis Anda diwajibkan selalu siap kapan dan dimana saja diperlukan oleh atasan Anda. Kategori ini biasanya menawarkan posisi staf umum, staf administrasi atau sekretaris.

* Valuable management-training position
Posisi ini umumnya ditujukan untuk segala lini pendidikan. Anda tidak perlu harus sarjana untuk mengajukan lamaran. Perusahaan ini biasanya akan melakukan training dan melihat kemampuan Anda sesudahnya. Seringkali juga dicantumkan kata-kata ‘no need experience’. Faktor kerja keras, kesungguhan dan keberuntungan menjadi hal-hal yang seringkali lebih berperan dalam posisi-posisi seperti ini. Receptionist, waiter, sales, penerima tamu di kafe adalah beberapa lowongan yang masuk kategori ini.

* High energy environment
Kalau Anda punya semangat yang tinggi, jiwa petualang, mungkin inilah posisi yang cocok untuk Anda. Perusahaan ini mencari orang yang tangguh untuk menjalani pekerjaan yang padat jadwal, menyita waktu, pikiran dan tenaga. Anda yang mudah stres, tidak cekatan dan tidak sabaran lebih baik tidak melamar untuk posisi ini. Yang masuk dalam kategori ini diantaranya wartawan, guide tourism, instruktur olahraga, sales, marketing dan, talent (pencari bakat).

* An investment on your future
Kalau Anda ingin pekerjaaan yang tidak mengikat, ini adalah posisi yang bisa dipertimbangkan. Pekerjaan yang ini biasanya menyiapkan sistem penggajian berdasarkan prestasi yang orientasinya lebih ke penjualan, bisa dijalani secara paruh waktu (part-time) atau permanen. Perusahaan-perusahaan multi level marketing atau riset produk, masuk dalam kategori ini.

* Experience is a must
Perusahan-perusahaan bertaraf nasional ataupun internasional yang reputasinya sudah bagus dan dikenal luas, biasanya mengutamakan calon karyawan yang sudah pengalaman di bidangnya. Dengan persyaratan yang ketat seperti itu, mereka juga berani membayar karywan dengan gaji tinggi dan fasilitas yang baik. Kepala sekolah, direktur, manager, kepala bagian, staf khusus di suatu divisi, pemimpin redaksi, redaktur bidang di suatu media massa, manager public relations, manager keuangan, staf analist kimia, staf keuangan, sekretaris direktur, instruktur fitness adalah beberapa contoh posisi yang masuk dalam kategori ini.

* Planning and coordinating
Perusahaan ini biasanya mencari orang-orang yang disiplin, menghargai waktu dan punya jiwa kepemimpinan untuk mengisi posisi yang ditawarkan. Pekerjaan ini lebih mengarah pada penyusunan beragam jadwal yang berhubungan dengan orang lain. Mereka yang punya latar belakang organisasi ketika kuliah akan lebih disukai, dengan atau tanpa pengalaman. Yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah manager planning, sekretaris, marketing promotions atau public relations.

Bagaimana? Sudahkah Anda telusuri berbagai kata-kata dalam iklan lowongan kerja? Pada intinya Anda harus ‘cerdas’ menangkap ‘perangkap’ sekaligus peluang di balik sebuah kata-kata. Selamat berburu pekerjaan….!

 (source : rileks.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: